January 28, 2023
5 Pemain Wajah Baru

5 Pemain Wajah Baru Timnas Dalam Pertandingan Piala AFF 2022

5 Pemain Wajah Baru Timnas Dalam Pertandingan Piala AFF 2022 – Daftar 28 pemain Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022 diumumkan pada Rabu (23/11/2022) kemarin. Dari daftar 28 pemain, pelatih Shin Tae-yong mendatangkan beberapa wajah baru.

Wajah baru dalam hal ini bukan hanya pemain yang belum memiliki cap di Timnas Indonesia. Namun, ada juga pemain yang tidak pernah membela timnas Indonesia sejak Shin Tae-yong menjadi pelatih seperti Hansamu Yama Pranata.

Dirinya terakhir kali membela Timnas Indonesia pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Saat itu, Indonesia melindungi Simon McMenemy. Hansamu bermain saat Indonesia kalah 5-0 dari Uni Emirat Arab, 10 Oktober 2019.

Setelah lebih dari tiga tahun absen dari timnas Indonesia, kapten timnas Indonesia di Piala AFF 2016 itu akan kembali mengenakan jersey berlogo Garuda di dadanya. Namun, Hansamu bukan satu-satunya wajah baru Timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong untuk Piala AFF 2022.

Berikut lima wajah baru yang dipanggil Shin Tae-yong untuk Piala AFF 2022.

⦁ Andy Setyo

Posisi: Bek tengah
Umur: 25 tahun
Klub tuan rumah: Persikabo 1973

Andy Setyo menjadi pemain reguler timnas Indonesia di era Luis Milla. Usai Asian Games 2018, Andy Setyo hanya dipanggil satu kali oleh timnas Indonesia, yakni untuk laga uji coba melawan Oman (Mei 2021). Saat itu, pelatihnya adalah Shin Tae-yong dan Andy Setyo hanya duduk di bangku cadangan. Setelah cukup lama merindukan Andy Setyo, Shin Tae-yong kembali meneleponnya. Hal itu tak lepas dari performa apik Andy Setyo di Liga 1 bersama Persikabo.

⦁ Dzaky Asraf

Posisi: Sayap
Umur: 19 tahun
Klub Asal: PSM Makassar

Dzaky Asraf merupakan satu dari tiga pemain Indonesia U-20 yang dibawa Shin Tae-yong ke senior. Dua nama lainnya adalah Muhammad Ferrari dan Marselino Ferdinand. Berbeda dengan dua rekannya yang sudah debut bersama Timnas Indonesia, Dzaky Asraf belum pernah. Asraf tampil cukup baik bersama Indonesia U-20 selama pemusatan latihan di Turki dan Spanyol. Jika masuk skuat Piala AFF 2022, Asraf mungkin bisa mengulang ‘ledakan’ Ramai Rumakiek.

⦁ Hansamu Yama

Posisi: Bek tengah
Umur: 27 tahun
Klub Asal: Persija Jakarta

Hansamu Yama akhirnya mendapat telepon dari Shin Tae-yong. Seruan ini tak lepas dari performa apik Hansamu bersama Persija Jakarta. Hansamu menjadi pilihan utama Thomas Doll dan menjadikan Persija tim dengan kebobolan paling sedikit di Liga 1 2022/2023.

Di bawah kendali Doll, kemampuan Hansamu berkembang pesat. Hansamu kini bisa bermain dalam formasi tiga atau empat bek. Secara khusus, kemampuan distribusi bola Hansamu telah meningkat secara signifikan.

⦁ Jordi Amat

Posisi: Bek tengah
Usia: 30 tahun
Klub asal: Johor Darul Ta’zim

Amat telah menyelesaikan naturalisasinya sebagai warga negara Indonesia. Namun, Amat belum bisa membela timnas Indonesia karena proses perubahan asosiasi dari RFEF (Spanyol) menjadi PSSI masih dalam proses di FIFA.

Amat meninggalkan Eropa setelah musim 2021/2022. Pemain yang satu ini bermain di Malaysia mulai musim 2022 dengan membela Johor Darul Tak’zim. Menarik melihat duet Elkan Baggott dan Amat di belakang Timnas Indonesia.

⦁ Sandy Walsh

Posisi: Bek kanan
Umur: 27 tahun
Klub tuan rumah: KV Mechelen

Seperti kasus Jordi Amat, Walsh masih harus menunggu perubahan asosiasi yang disetujui FIFA agar bisa bermain di Piala AFF 2022. Walsh diketahui sudah lama ingin membela timnas Indonesia. Kehadiran Walsh di timnas Indonesia akan membuat persaingan peran bek kanan semakin kompetitif. Asnawi Mangkualam tidak lagi memiliki jaminan bermain inti. Walsh merupakan pesaing berat bagi Asnawi.

UGDEWA  UGDEWA  UGDEWA   Demo Slot

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *