September 23, 2022
Teknik Bola Passing

Mandatory Credit: Photo by Agency-Panoramic/Action Plus/Shutterstock (12834696ca) Neymar Jr passes the ball (PSG) across the Madrid box; Stadium Santiago Bernabeu; Madrid; Spain; Champions League; Round of 16; Real Madrid versus PSG Paris Saint Germain. Real Madrid v PSG, UEFA Champions League, football, Santiago Bernabeu Stadium, Madrid, Spain - 09 Mar 2022

Teknik Bola Passing yang Sempurna! Passing adalah salah satu keterampilan pertama yang kita pelajari saat memulai permainan yang indah, namun itu adalah salah satu yang tidak boleh berhenti kita tingkatkan. Bahkan di level profesional, beberapa pemain terbaik, terutama di lini tengah, dibedakan dari pemain lain di level teratas itu dengan kemampuan passing mereka yang luar biasa.

Anda dapat berlatih mengoper sendirian dari dinding, atau dengan pasangan, dan menggunakan kerucut untuk menantang akurasi dan sentuhan Anda. Di bawah ini adalah beberapa contoh latihan yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan passing dan menguasai poin-poin teknik yang dijelaskan di atas.

Cara Mengoper Dalam Sepak Bola: 5 Hal Penting Untuk Pass yang Sempurna

Ada banyak cara berbeda untuk mengoper bola kepada rekan setim Anda, mulai dari menggunakan punggung kaki Anda untuk umpan jarak pendek atau menengah (sering disebut “pass pass”), menggunakan bagian luar kaki Anda, hingga bola panjang. , untuk melewati bola, untuk lulus dengan tumit, dan sebagainya.

“Umpan push”, operan jarak pendek hingga menengah dengan punggung kaki Anda, adalah jenis operan paling populer dalam sepak bola dan salah satu yang penting untuk berlatih di semua tingkatan mulai dari sepak bola remaja hingga sepak bola profesional, dan untuk semua posisi dari penjaga gawang untuk maju.

Ini memungkinkan pemain untuk memindahkan bola antara satu sama lain dalam jarak pendek dan menengah dengan akurasi dan kecepatan, dengan cara yang mudah dikendalikan oleh rekan setimnya. Di sini kita akan melihat aspek-aspek kunci dari teknik “push pass” yang tepat.

1. Bidik Dengan Kaki yang Ditanam Teknik Bola Passing

Saat Anda meletakkan kaki non-passing Anda ke bawah untuk mengoper dengan kaki Anda yang lain, pastikan bahwa jari-jari kaki yang Anda tanam mengarah ke target Anda. Ini akan membantu meningkatkan akurasi Anda.

Ini memungkinkan gerakan alami di mana Anda melewati garis yang dibuat oleh kaki Anda yang berdiri, daripada melewatinya atau menjauh darinya (keduanya merupakan gerakan yang agak canggung yang lebih sulit dikendalikan). Saat berlatih passing , luangkan waktu untuk memeriksa ke mana arah kaki Anda yang ditanam untuk membiasakan memposisikannya secara alami ke arah umpan Anda.

2. Buka Hip Passing Anda

Saat Anda mengambil kaki Anda kembali untuk mengoper bola, pinggul kaki Anda yang lewat harus terbuka dengan memutar kaki keluar dari pinggul. Ini menyebabkan kaki Anda secara alami mengarah ke samping, membiarkan punggung kaki kaki Anda terbuka untuk kontak datar dengan bola yang akan mengirimkannya lurus ke depan Anda tanpa berputar.

Kaki Anda yang lewat harus berada pada sudut 90 derajat terhadap kaki Anda yang berdiri saat menyentuh bola. Jika pinggul Anda tidak cukup terbuka, kaki Anda mungkin menyentuh bola pada sudut kurang dari 90 derajat yang kemungkinan akan menyebabkan operan yang tidak akurat.

3. Posisikan Tubuh Anda Di Atas Bola Teknik Bola Passing

Jangan bersandar ke belakang saat melakukan push pass langsung, karena hal itu kemungkinan akan mengangkat bola dan menyebabkan operan Anda memantul. Anda ingin umpan Anda di tanah, sehingga mudah dikendalikan oleh rekan setim Anda.

Anda juga tidak ingin menjangkau ke depan dengan kaki Anda saat Anda mengoper, karena itu akan mengurangi kekuatan dan akurasi Anda. Dengan memposisikan tubuh bagian atas Anda langsung di atas bola saat Anda terhubung dengannya, Anda memastikan koneksi yang kuat dengan bola dan kecil kemungkinannya untuk mengangkatnya saat mengoper.

4. Kunci Pergelangan Kaki Anda

Mengunci pergelangan kaki Anda adalah bagian yang sangat penting dari berbagai teknik dalam sepak bola. Untuk operan punggung kaki, mengunci pergelangan kaki berarti Anda melenturkan kaki yang lewat di pergelangan kaki ke atas dan sedikit ke belakang . Pikirkan untuk menarik jari-jari kaki Anda ke atas, dan kemudian memutarnya sedikit ke luar.

Jadi jika Anda mengunci pergelangan kaki kanan Anda, jari-jari kaki Anda naik, dan kemudian berputar sedikit ke kanan (Anda tidak akan bisa pergi terlalu jauh ke kanan hanya dengan pergelangan kaki Anda, itulah sebabnya Anda juga membuka pinggul Anda. seperti langkah sebelumnya dijelaskan). Dengan pinggul terbuka dan pergelangan kaki terkunci, Anda akan menyentuh bola secara datar dan langsung dengan punggung kaki Anda, memungkinkan kontrol penuh atas operan dan putaran minimal.

5. Hubungi Bagian Tengah Bola

Untuk umpan push yang akurat dan terkontrol, hubungi bagian tengah bola. Ini berarti tidak ke satu sisi, dan juga bukan bagian atas atau bawah bola. Kesalahan umum yang dilakukan pemain adalah mereka menyentuh bagian bawah bola, dan akhirnya mengangkatnya sedikit dari tanah.

Ini menghasilkan umpan memantul yang lebih sulit dikendalikan oleh rekan setimnya. Fokus pada memukul bagian tengah dan tengah bola untuk mendapatkan operan yang kuat yang akan tetap berada di tanah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.